Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metro Sudah Lama Mengintip Pasar Indonesia

Kompas.com - 13/06/2011, 15:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Shinta Widjaja Kamdani, selaku Managing Director Sintesa Group, menyatakan perusahaan retail wholesale Metro Group telah lama melirik pasar Indonesia. Namun, perusahaan asal Jerman ini khawatir akan sejumlah permasalahan yang harus dihadapi, salah satunya regulasi.

"Mana mungkin sih nggak datang ke Indonesia. Jadi selama ini mereka mungkin sudah lihat, cuma khawatir apakah mereka bisa diterima," ungkap Shinta, di sela-sela acara World Economic Forum on East Asia, di Jakarta, Senin ( 13/6/2011 ).

Menurutnya, kesuksesan perusahaan ini di China dan Vietnam membawa mereka untuk akhirnya berinvestasi di Indonesia.

Ia pun menuturkan, salah satu hal yang mereka khawatirkan adalah masalah regulasi. Saat ini, perusahaan memang telah mengurus berbagai perijinan.

Shinta juga menyebutkan, Metro tidak menganggap perusahan ritel besar seperti Carrefour ataupun Giant sebagai pesaing. "Karena benar-benar ini suatu konsep yang baru yang belum pernah dilakukan di Indonesia," tambahnya.

Nantinya, retail akan banyak diisi oleh produk-produk segar. Dan, akan kerjasama dengan para petani. "Jadi mereka itu go beyond daripada sekedar hanya sebagai konsep untuk menjualnya," tuturnya.

Intinya, lanjut dia, perusahaan akan bekerja sama dengan UKM-UKM (Usaha Kecil dan Menengah). Termasuk bekerja sama dengan perbankan, seperi Bank Mandiri dan BNI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com