Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Ribuan Petasan, Tukang Becak Ditangkap

Kompas.com - 06/07/2011, 19:53 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Sekitar 2.000 petasan berdiameter 2 sentimeter diamankan petugas Kepolisian Sektor Gubeng saat menggelar razia di Jalan Menur, Surabaya, Jawa Timur.

Petasan itu didapatkan polisi hari Minggu dari Marzuki (50), seorang tukang becak yang biasa mangkal di kawasan Jagir. Polisi menduga kuat petasan itu akan dijual saat bulan puasa yang jatuh pada awal Agustus.

Kepada Marzuki, menurut Kepala Polsek Gubeng Ajun Komisaris Alfian Arrizal, polisi belum menetapkan tersangka sebab Marzuki hanya tukang becak yang dimanfaatkan jasanya untuk mengantarkan barang terlarang dan berbahaya tersebut.

"Menurut keterangan Marzuki, ciri-ciri pemilik petasan antara lain berperawakan tinggi kurus dan berambut lurus," kata Alfian, Rabu (6/7/2011).

Marzuki mendapat penumpang dengan ciri-ciri itu saat mangkal di kawasan Jagir. "Saat itu ada penumpang turun dari kereta api di Stasiun Wonokromo. Dia kemudian meminta saya membawa barang bawaannya ke Jalan Menur. Dia sendiri naik angkutan umum dan membuntuti dari belakang," tuturnya.

Marzuki awalnya mengaku menolak tumpangan barang itu karena khawatir barang berbahaya. Namun, si penumpang terus mendesak dan meyakinkan Marzuki bahwa barang yang minta dibawakan tersebut adalah dompet.

Marzuki ditangkap karena gerak-geriknya saat membawa petasan mengundang kecurigaan polisi yang tengah berpatroli di kawasan itu. "Untuk kepentingan keamanan dan kenyamanan, kami akan memusnahkan seluruh petasan agar tidak beredar di tengah masyarakat dan mengganggu jalannya ibadah puasa," kata Alfian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com