Jelang Puasa, Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Kompas.com - 29/07/2011, 16:44 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kota dan Polresta Yogyakarta, Jumat ( 29/7/2011) siang melakukan pemusnahan 2.035 botol minuman keras di komplek Balai Kota Yogyakarta.

Ribuan botol miras berbagai merek tersebut merupakan hasil operasi penyakit masyarakat yang dilakukan oleh jajaran Polresta Yogyakarta dalam 3 bulan terakhir. Pelaksanaan pemusnahan diawali dengan pemecahan botol miras secara simbolis oleh Wali Kota Yogyakarta, Herry Zudianto, dan Kapolresta Yogyakarta, Kombes Mustaqim.

Dalam sambutannya sebelum dimulainya proses pemusnahan, Wali kota Yogyakarta, Herry Zudianto mengatakan, jajaran Muspida Kota Yogyakarta telah melakukan koordinasi dan siap menjaga keamanan dan kenyamanan selama bulan suci Ramadhan 1432 H.

"Kami berharap segenap unsur masyarakat mendukung langkah muspida kota Yogyakarta. Kalau ada yang melanggar hukum jangan main hakim sendiri karena akan merusak citra kota Yogyakarta," ungkap Herry Zudianto ketika memberikan sambutan.

Sementara itu, Mustaqim mengatakan awal mula pelaku kejahatan selalu didindikasikan dengan minuman keras. Oleh karena itu, pihaknya gencar melakukan operasi penyakit masyarakat. Selain melakukan pembinaan, Polresta Yogyakarta juga melakukan penegakan hukum dengan menindak tegas penjual minuman keras.

"Sejak saya ditugaskan di Yogyakarta, saya berkomitmen untuk memberantas perdagangan miras. Sebab tindak kriminal didindikasikan berawal dari situ. Nah, Saya mengimbau kepada tokoh agama dan masyarakat untuk memotivasi toko dan warung di Kota Yogyakarta untuk tidak lagi menjual minuman keras," ujarnya usai pemusnahan miras.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.