Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaksanaan E-KTP Tak Sesuai Target

Kompas.com - 01/08/2011, 14:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksanaan KTP elektronik atau E-KTP yang ditargetkan pada tanggal 1 Agustus 2011 ternyata tidak berjalan sesuai rencana. Hal ini disebabkan perangkat peralatan E-KTP tidak kunjung datang.

"Untuk pelayanan lain seperti perpanjangan KTP tetap akan dilayani, meski peralatan E-KTP belum siap dan E-KTP belum bisa dilayani," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo ketika dijumpai seusai rapat pimpinan di Balaikota, Jakarta, Senin (1/8/2011).

Hingga saat ini, sebanyak 267 kelurahan di wilayah Jakarta memang belum melayani pembuatan E-KTP bagi penduduk. Bahkan di dua kelurahan yang sudah lengkap dalam hal perangkat, yakni Kelurahan Menteng dan Kelurahan Cikoko, belum mengundang para warga untuk membuat E-KTP.

"Jangan memberikan target jika memang tidak bisa konsekuen untuk menepatinya," ungkap Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Hari ini sebenarnya akan dilakukan uji coba E-KTP di sepuluh kelurahan, yaitu Kelurahan Kemanggisan, Tomang, Kebon Sirih, Menteng, Cikoko, Mampang Prapatan, Cipinang Cempedak, Klender, Rawa Badak Selatan, dan Semper Timur. Sebanyak 244 kelurahan juga sudah menerima perangkat alat, tetapi tidak lengkap.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Purba Hutapea mengungkapkan bahwa setelah uji coba di sepuluh kelurahan tersebut berhasil, warga akan segera diundang untuk dilayani membuat E-KTP.

"Nantinya di dalam undangan akan ditetapkan hari, tanggal, dan jam untuk datang ke kelurahan dan melakukan perekaman data. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penumpukan warga," kata Purba.

Sebelumnya diberitakan, Kelurahan Kemanggisan dan Kelurahan Tomang terlambat melakukan uji coba pembuatan R-KTP yang seharusnya dilakukan pada pukul 10.00 WIB Senin ini. Hal ini lantaran hingga pukul 12.00, dua kelurahan tersebut hanya menerima perangkat berupa komputer dan kamera. Padahal, sebanyak 267 kelurahan di Jakarta pada hari Rabu (27/7/2011) sesuai janji Kementerian Dalam Negeri akan menerima peralatan lengkap untuk E-KTP. Namun pada kenyataannya, peralatan hingga hari ini belum juga datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com