Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Bantu Sistem KTP di Lamongan

Kompas.com - 10/08/2011, 21:01 WIB

LAMONGAN, KOMPAS.com - Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit membantu pembenahan sistem administrasi kependudukan di Lamongan. Sejak Juli lalu, tim dari lembaga Jerman untuk kerja sama internasional tersebut memberikan bantuan terkait pelaksanaan program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, dan penggunaan Kartu Tanda Penduduk atau e-KTP.

Team leader Deutsche Gesellschaft Interntinale Zusammenarbeit (GIZ) di Lamongan, Jayadi, Rabu (10/8/2011) mengungkapkan Lamongan menjadi satu di antara delapan kabupaten kota di Jawa Timur mendapat asistensi dari GIZ. Daerah lain diantaranya, Kabupaten dan Kota Pasuruan, Kediri, Madiun dan Pacitan. Di seluruh Indonesia ada 35 daerah yang bekerjasama dengan GIZ.

Sejak Juli lalu GIZ di Lamongan telah memberikan pelatihan dan penyusunan standard operating procedures (SOP) termasuk nantinya membantu mendisain ulang ruang administrasi pelayanan kependudukan beserta isinya. "Ini adalah fase terakhir kerja sama kami dengan Depdagri untuk mendukung administrasi kependudukan. Jerman dipilih karena negara ini telah lebih dulu menerapkan penggunaan e KTP. Itupun dengan persiapan yang lebih lama dari Indonesia, yakni 10 tahun," katanya.

Pemberlakuan e-KTP selain ditujukan untuk meningkatkan efektifitas pelayanan publik dan demi keamanan Negara termasuk mencegah adanya daftar pemilih tetap (DPT) yang tidak akurat, mencegah dokumen kependudukan palsu, serta mencegah manipulasi data kependudukan lainnya

Jayadi menyebut tantangan terbesar pemberlakuan e KTP bukanlah pada tahap persiapannya, tetapi justru pada memelihara basis data yang sudah ada. "Jika database tidak diperbarui secara reguler, data itu hanya akan menjadi sampah yang bisa menyebabkan, kebijakan yang akan dibuat eksekutif maupun legislatif tidak akan tepat sasaran. e KTP penting, namun lebih penting lagi adalah pengembangan kapasitas staf kependudukan," paparnya.

Bupati Lamongan, Fadeli menyebutkan, meski Lamongan tidak diantara 197 kabupaten/kota di Indonesia yang akan melaksanakan e-KTP tahun ini, namun dia optimistis pelaksanaannya bisa lebih maksimal karena justru waktu persiapannya lebih lama. Lamongan akan menerapkan e-KTP pada 2012 bersama 300 kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

"e-KTP ini adalah hal baru. Permasalahan harus diminimalkan saat proses pendataan melalui format sistem sistem administrasi adminsitrasi kependudukan. Dengan pelatihan dan bantuan dari GIZ selama ini untuk pelaksanaan admini strasi kependudukan di Lamongan diharapkan pelaksanaan e KTP di Lamongan lebih baik," ujar Fadeli. 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com