Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenangan Berharga Saat Kumpul Keluarga

Kompas.com - 26/08/2011, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Mudik dan kumpul keluarga saat liburan lebaran menjadi tradisi di keluarga Indonesia. Momen kebersamaan ini punya banyak makna. Salah satunya, melalui momen inilah seluruh anggota keluarga bisa berbagi cerita. Termasuk untuk mengurai kembali silsilah keluarga. Anda bisa melakukan hal berbeda dan lebih berharga dengan memanfaatkan momen kumpul keluarga saat hari raya.

Mengenal silsilah keluarga
Berbagi kisah dan sejarah keluarga memberikan pengalaman berbeda bagi generasi penerus keluarga.  Silsilah dan sejarah keluarga menjadi pengikat kebersamaan  bagi seluruh anggota keluarga, utamanya anak-anak. Selain juga bentuk penghargaan atas leluhur juga perjalanan keluarga besar.

Momen liburan bisa menjadi waktu ideal bagi keluarga Anda untuk merekam kembali sejarah keluarga. Terutama bagi anak-anak yang perlu dikenalkan sejak dini mengenai seluk beluk keluarga.

Marian Wilde, penulis untuk GreatSchools.org asal San Francisco mengatakan kumpul keluarga saat liburan bukan sekadar perayaan kebersamaan. Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Orangtua bisa memenuhi rasa ingin tahu anak-anak, salah satunya, dengan memberikan kisah seluk beluk keluarga. Dengan begitu, generasi penerus keluarga memahami sejarah keluarganya, untuk kemudian diteruskan kepada generasi berikutnya.

"Mengungkapkan berbagai kisah seputar keluarga, dengan mengaitkannya pada kehidupan kekinian, sekaligus juga bernostalgia, di selingi dengan anekdot, akan menghasilkan kisah sejarah keluarga yang menyenangkan bagi anak-anak. Buat anak-anak antusias mendengarkan cerita sejarah keluarga Anda. Ajak anak-anak untuk mengumpulkan berbagai informasi seputar sejarah keluarganya. Karena jika tidak, riwayat keluarga akan hilang begitu saja," tutur Wilde.

Mengumpulkan dan merekam informasi

Wilde menyarankan, saat kumpul keluarga, sebaiknya catat dan rekam seluruh kisah mengenai sejarah dan silsilah keluarga. Tak sulit melakukannya, tambahnya. Bahkan anak-anak bisa diikutsertakan dalam kegiatan ini.

Jadikan kegiatan ini sebagai proyek bersama keluarga besar. Anak-anak dari usia dini hingga level sekolah tinggi bisa dilibatkan. Ajak anak-anak Anda untuk mengumpulkan informasi mengenai sejarah keluarga dari setiap sepuh atau orangtua yang ditemuinya saat kumpul keluarga.

"Kumpulkan berbagai infomasi melalui metode wawancara. Namun jalankan dengan cara yang  nyaman. Tak semua anggota keluarga nyaman diwawancarai apalagi jika Anda menggunakan microphone dan kamera video. Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk mendukung kegiatan ini. Bahkan kamera video pada ponsel juga bisa dimanfaatkan," saran Wilde.

Jika semua informasi sudah terkumpul, Anda dan keluarga bisa menggabungkannya menjadi dokumentasi keluarga. Anda bisa menyimpannya dalam bentuk buku catatan atau rekaman dalam compact disc. Hasilnya, seusai liburan lebaran, Anda mendapatkan silsilah keluarga yang terekam dan menjadi kenangan berharga untuk diwariskan ke generasi berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com