Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepuluh Titik Rawan Kecelakaan di Surabaya

Kompas.com - 26/08/2011, 16:38 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com -- Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Jawa Timur, telah menetapkan 10 titik atau daerah rawan kecelakan yang perlu diperhatikan pengguna jalan pada saat mudik lebaran 2011. Ke-10 lokasi itu adalah Jalan Greges, Jalan Perak Barat, Jalan Kedung Cowek, Jalan Arjuno, Jalan Kenjeran, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Rungkut Industri, Jalan Menganti, Jalan Mastrip, dan Jalan Ahmad Yani.

Kepala Dishub Kota Surabaya Eddi, Jumat (26/8/2011), mengingatkan agar pengguna jalan berhati-hati saat melintas di lokasi yang rawan kecelakaan tersebut. Rendahnya disiplin pengendara sepeda motor seperti menggunakan jalur sebelah kanan, melebihi kapasitas angkut, dan melawan arus justru menjadi potensi terjadinya kecelakaan.

Untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan selama lebaran, pengendara sepeda motor tidak ditumpangi lebih dari dua orang, yakni pengemudi dan penumpang termasuk anak-anak. Selain itu, pengendara sepeda motor diminta menyalakan lampu utama selama perjalanan walau siang hari. Paling utama wajib menggunakan helm standar bagi pengemudi maupun penumpang. Barang bawaan tidak boleh melebihi lebar kemudi dan tidak melebihi tinggi pengemudi, serta menggunakan jalur lambat atau lajur paling kiri.

Wakil Wali Kota Surabaya, Bambang Dwi Hartono mengimbau warga Surabaya yang mudik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum agar berangkat lebih awal. Alasannya untuk menghindari penumpukan di waktu puncak jelang lebaran.

Kendati koordinasi antarinstansi semakin baik, kata Bambang, pihaknya terus berupaya menekan angka risiko kecelakaan dan kejahatan, seperti kasus pembiusan yang semakin marak setiap lebaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com