Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulu Enggang Pun Bertengger di Kepala Miss Indonesia 2011

Kompas.com - 13/10/2011, 13:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ke pemilihan Miss World 2011 di Earls Court Two, London, Miss Indonesia 2011, Astrid Ellena Indriana Yunadi (21) atau Ellen akan membawa sejumlah busana untuk menunjang penampilannya di sana. 

Pada acara puncak pemilihan tersebut, 6 November 2011, Ellen akan melenggang di pentas dengan mengenakan gaun karya perancang busana Marga Alam. Sumber inspirasinya dalam mendesain gaun tersebut adalah budaya Kalimantan atau Borneo. Gaun tersebut akan dinilai oleh dewan juri Miss World 2011. "Adapun busana yang saya buat ini (terinspirasi) dari Borneo atau Kalimantan, yang mana motif ukiran payetnya saya ambil dari (motif) Dayak," kata Marga di Jakarta, Rabu (12/10/2011).

Untuk memperindah penampilan Ellen, Marga menyematkan mahkota berhias bulu burung enggang di kepala Ellen. "Lalu, bulu ini dari burung yang ada di Kalimantan. Aslinya hitam, tapi saya ubah menjadi merah agar eye catching saat di catwalk nanti," tutur Marga.

Tiga perancang busana lain, Harry Ibrahim, Agnes Budhisurya, dan Misan Kopaka, ikut ambil bagian. "Ellen perlu sentuhan internasional. Saya menyiapkan tiga busana. Saya menonjolkan modernitas Indonesia. Semoga tiga gaun ini akan menambah rasa percaya diri Ellen," ujar Harry.

"Saya diminta menyiapkan gaun dari tenun. Saya perancang yang punya spesialisasi kain (tenun) lukis. Jadi, tenun saya kasih sapuan kuas saya untuk memperkuat corak tenun tersebut dan menyatukan dua karakter yang berbeda agar terlihat selaras," kata Agnes. "Untuk di showcase itu, tenun NTT (Nusa Tenggara Timur) dari kain kapas. Kalau disimak, motif kain tersebut adalah penunggang kuda yang menunjukkan aktivitas sehari-hari masyarakat NTT dan kuda merupakan simbol ksatria. Saya menyimpan bahan tersebut sebagai koleksi saya, dan saya sekarang mempersilakannya membawa koleksi saya ke ajang dunia," katanya.

"Saya bermain dengan warna hijau dan warna merah oriental. Ini akan dipakai oleh Ellen saat sesi bermain piano," kata Misan.

Ellen juga akan mengenakan sepatu, tas, dan perhiasan dari sponsor.

Ellen mengaku optimistis bisa menang pada pemilihan Miss World 2011. "Saya optimistis. Semua ini bukan karena kebetulan, tetapi ini semua rencana Tuhan," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com