Honda All New Freed Jadi "6-Penumpang"

Kompas.com - 27/10/2011, 15:13 WIB
EditorBastian

TOKYO, KOMPAS.com — Honda Freed yang tergolong sebagai MPV 7-penumpang kini tampil dengan desain baru 6-penumpang. Honda Motor Company Limited (HMC) meluncurkannya, hari ini (27/10), dengan empat varian sekaligus, yakni All New Freed dan Freed Spike bermesin konvensional serta Freed Hibrida dan Freed Spike Hibirda berteknologi ramah lingkungan.

Untuk All New Freed, perubahan tampak pada bagian grill yang bentuknya mirip Jazz baru dengan garnish bingkai krom dipadu penutup lampu utama dikrom gelap. Airscoop juga lebih dinamis dengan dua lubang di balik dudukan plat nomor dan membuat bentuk bemper lebih berkarakter. Bentuk handel pintu juga diperbarui.

Dimensinya lebih kecil dikarenakan tingginya yang 1.715 mm lebih kecil dari model sebelumnya 1.735 mm. Begitu juga dengan lebarnya, menyusut 0,005 mm dari yang lama 1.700 mm, sedangkan panjangnya masih sama, 4.215 mm.

Turunnya komposisi jok dari 2+2+3 menjadi 2+2+2 untuk meningkatkan kelegaan ruangan,  khususnya penumpang jok baris ketiga. Dengan demikian, otomatis sabuk pengaman tiga titik untuk semua penumpang menjadi perlengkapan standar. Namun, Honda tetap menyediakan pilihan 7-penumpang dengan tambahan jok tengah pada baris kedua, bukan ketiga seperti saat ini.

Untuk sistem keamanan, semua Freed juga dilengkapi dengan sistem Vehicle Stability Assist (VSA) yang memastikan pengemudian kendaraan lebih stabil dan ditambah hill start assist. Semua Freed juga menganut sistem penggerak roda depan dan dibekali transmisi CVT.

Freed Spike Hibrida

Pada Freed Hibrida dan Freed Spike hibrida, Honda mengombinasikan mesin 1,5 liter i-VITEC dengan motor listrik kompak yang dijuluki Integrated Motor Assist (IMA). Sistem ini menghasilkan konsumsi bahan bakar 21,6-24 km per liter. Mobil juga sudah menggunakan eco assist yang menjadi acuan cara mengemudi untuk memperoleh efisiensi bahan bakar yang tinggi. Kaca depan kedua model sudah berteknologi sound-insulating glass yang bisa menyerap suara dari luar sehingga lebih senyap di dalam kabin.

Perbedaan kedua model hibrida ini ada pada desain bodi yang lebih futuristik. Tampilan Spike mirip mobil "robot" dengan aksen kotak yang kental. Grill-nya mirip Accord dan lampu utama lebih kotak dibanding Freed standar yang melancip di kedua sisinya. Airscoop bujur sangkar yang lebar dengan kisi-kisi di kedua ujung bemper terlihat lebih berkarakter. Namun, dari segi fitur, Freed ini tak berbeda dengan Freed Hibrida.

Untuk harga, belum ada keterangan resmi dari Honda, tetapi diprediksi di atas 2 juta yen atau Rp 233,5 juta per unit!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.