Waduk Kali Krukut Segera Dibangun

Kompas.com - 31/10/2011, 15:22 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com Untuk mengantisipasi banjir yang kerap melanda Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat waduk Kali Krukut di kawasan tersebut.

Lahan untuk waduk yang diperkirakan seluas 1,7 hektar itu sudah dibebaskan seluas 9.000 meter persegi (0,9 hektar). "Saat ini masih ada yang harus kami bebaskan, terutama yang di tepi kali. Tahun depan, kami upayakan pembebasannya akan selesai," kata Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Fadjar Panjaitan di Balaikota, Senin (31/10/2011).

Setelah semua daerah dibebaskan, akan dibuat sodetan dari Kali Krukut di bagian selatan, lalu air dialirkan ke waduk tersebut. Setelah itu, di sebelah utara waduk akan dibuat sodetan lagi ke Kali Krukut.

Biaya pembangunan waduk itu sudah dianggarkan pada tahun 2012 sebesar Rp 10 miliar. Tanah 9.000 meter persegi yang sudah bebas itu dibebaskan oleh Dinas Pertamanan.

Semula lahan itu akan dipakai untuk pemakaman. Namun karena lahan tersebut selalu banjir, peruntukannya akan diubah menjadi waduk.

Menurut Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Novizal, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinas Tata Ruang. "Di rencana tata ruang, wilayah itu adalah wilayah hijau atau ruang terbuka hijau. Sekarang akan diganti menjadi wilayah biru atau air. Nilainya memang sama, hijau dan biru. Namun karena butuh legalitas, harus diubah dulu oleh Dinas Tata Ruang," kata Novizal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.