Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waduk Kali Krukut Segera Dibangun

Kompas.com - 31/10/2011, 15:22 WIB
M Clara Wresti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Untuk mengantisipasi banjir yang kerap melanda Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat waduk Kali Krukut di kawasan tersebut.

Lahan untuk waduk yang diperkirakan seluas 1,7 hektar itu sudah dibebaskan seluas 9.000 meter persegi (0,9 hektar). "Saat ini masih ada yang harus kami bebaskan, terutama yang di tepi kali. Tahun depan, kami upayakan pembebasannya akan selesai," kata Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Fadjar Panjaitan di Balaikota, Senin (31/10/2011).

Setelah semua daerah dibebaskan, akan dibuat sodetan dari Kali Krukut di bagian selatan, lalu air dialirkan ke waduk tersebut. Setelah itu, di sebelah utara waduk akan dibuat sodetan lagi ke Kali Krukut.

Biaya pembangunan waduk itu sudah dianggarkan pada tahun 2012 sebesar Rp 10 miliar. Tanah 9.000 meter persegi yang sudah bebas itu dibebaskan oleh Dinas Pertamanan.

Semula lahan itu akan dipakai untuk pemakaman. Namun karena lahan tersebut selalu banjir, peruntukannya akan diubah menjadi waduk.

Menurut Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Novizal, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan Dinas Tata Ruang. "Di rencana tata ruang, wilayah itu adalah wilayah hijau atau ruang terbuka hijau. Sekarang akan diganti menjadi wilayah biru atau air. Nilainya memang sama, hijau dan biru. Namun karena butuh legalitas, harus diubah dulu oleh Dinas Tata Ruang," kata Novizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com