Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinas PU DKI Akan Bongkar Gorong-gorong Marinir

Kompas.com - 14/12/2011, 20:35 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menanggapi permintaan dari warga Pondok Labu, Jakarta Selatan, yang sempat menjadi korban banjir beberapa waktu lalu, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta akan segera membongkar gorong-gorong yang dibangun pihak Marinir di Kali Krurut.

Tarjuki, Kepala Bidang Pengelola Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, mengatakan bahwa gorong-gorong sepanjang 180 meter yang diprotes warga akan dibongkar. Rencananya pembongkaran gorong-gorong ini akan dilakukan mulai 20 Desember hingga 31 Januari 2012. "Kami juga melakukan normalisasi dengan mengembalikan kedalaman kali hingga dua meter. Itu yang diminta oleh warga," kata Tarjuki di Jakarta, Rabu (14/12/2011).

Sementara itu, pembangunan waduk di Kampung Pulo saat ini sudah mencapai 50 persen. Akhir Desember, diprediksi waduk yang rencananya seluas 14.000 meter persegi ini dapat difungsikan. Namun saat ini, waduk yang dibangun baru seluas 9.000 meter persegi. "Tanah yang sudah dibebaskan 9.000 meter persegi, sementara untuk 5.000 meter persegi akan menyusul," ungkap Tarjuki.

Pembangunan waduk dan normalisasi ini rencananya akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 500 juta. Namun, pihaknya hanya akan melakukan pembongkaran gorong-gorong dan pengerukan kali. Ini karena berdasarkan hasil perhitungan Kementerian Pekerjaan Umum, lebar kali masih sesuai, yakni antara tujuh meter dan delapan meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com