Feeder Busway Hanya Angkut Tiga Penumpang!

Kompas.com - 21/12/2011, 17:04 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah hampir tiga bulan beroperasi melayani tiga rute di beberapa wilayah Jakarta, feeder bus transjakarta dinilai tidak efektif dalam pengoperasiannya. Hal ini terbukti dari sedikitnya penumpang yang menggunakan fasilitas feeder yang mampu menghubungkan beberapa koridor.

Country Director Institute for Transportation and Developement Policy (ITDP), Yoga Adiwinanto, mengatakan, dalam sehari feeder tersebut hanya berhasil mengangkut 500 penumpang per hari. Dengan kondisi 15 armada feeder yang ada sekarang, dapat diasumsikan bahwa satu bus hanya mengangkut sekitar 30 penumpang per hari.

"Nah dibayangkan saja jika sehari hanya melayani sepuluh rit berarti hanya tiga penumpang saja sekali angkut," ujar Yoga, saat jumpa pers catatan akhir tahun pelayanan transjakarta, di Hotel Ambhara, Jakarta, Rabu (21/12/2011).

Menurut Yoga, ini meleset dari perkiraan yang ada sebelumnya. Keberadaan feeder ini sebenarnya diperuntukkan bagi calon penumpang yang hendak menuju ke koridor-koridor busway seperti koridor I (Blok M-Kota) dan Koridor IX (Pluit-Pinang Ranti). Awalnya, satu feeder ini ditargetkan mampu mengangkut penumpang sebanyak 350 orang per hari. Dengan demikian, jumlah penumpang yang dapat diangkat oleh seluruh bus yang beroperasi adalah 5.250 orang per hari.

Tapi pada kenyataannya target tersebut meleset jauh. Saat ini, tiga rute feeder busway yang dioperatori oleh PT Ekasari Lorena Transport melayani tiga rute, yaitu Rute 1 mencakup Sentra Primer Barat - Daan Mogot, Rute 2 meliputi Tanah Abang - Balai Kota dan Rute 3 terdiri SCBD - Senayan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, di beberapa titik seperti di Balai Kota dan Tanah Abang, sering terlihat feeder bus transjakarta yang tidak beroperasi karena tidak ada penumpang. Kalau pun berpenumpang, hanya tampak dua penumpang atau paling banyak hanya lima penumpang dalam satu feeder bus transjakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.