Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres Pengerjaan JLNT Berjalan Lambat

Kompas.com - 29/12/2011, 14:21 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang tahun 2011, perkembangan pembangunan Jalan Layang Non Tol di kedua kawasan, yaitu Tanah Abang-Kampung Melayu dan Antasari-Blok M tidak berjalan sesuai target. Lantaran saat awal pengerjaan, Dinas Pekerjaan Umum DKI mempunyai target perkembangan sampai akhir tahun dapat mencapai 70-80 persen. Namun saat ini, progresnya baru mencapai sekitar 50 persen.

Kepala Seksi Simpang Tidak Sebidang Dinas Pekerjaan Umum DKI, Heru Suwondo, mengatakan, pengerjaan kedua JLNT itu sudah sesuai jadwal. Untuk jalan layang non tol (JLNT) Antasari-Blok M saat ini perkembangannya sudah mencapai 52,52 persen.

"Di Antasari-Blok M sudah mulai pengerjaan on-off ramp (tanjakan-turunan). Saat ini, tiang pancang sudah terlihat berdiri tegak. Sebagian badan jalan juga sudah terpasang di atas gelagar tiang tersebut," kata Heru, di Jakarta, Kamis (29/12/2011).

Untuk, JLNT Tanah Abang-Kampung Melayu hingga Desember ini pengerjaan sudah mencapai 46,31 persen. Saat ini, pemasangan tiang pancang sudah hampir selesai pada pembangunan JLNT ini. Gelagar atau penyanggah badan jalan sudah mulai dinaikkan di atas tiang pancang.

"Untuk Tanah Abang-Kampung Melayu kami sedang fokus untuk on ramp (tanjakan) nya," tutur Heru.

Untuk underpass di daerah Mabak, Jakarta Selatan yang berada di perempatan Mabes Polri saat ini terus mundur. Diperkirakan jalan tersebut baru bisa beroperasi pada awal tahun mendatang. "Underpass Mabak, awal tahun bisa dioperasikan namun masih uji coba," katanya.Saat ini jalan sedang dibeton. Setelah selesai maka jalan akan segera diaspal," kata Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com