Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas di Pangkalan Bun Lumpuh

Kompas.com - 29/12/2011, 23:37 WIB

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com — Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Kamis (29/12/2011) ini mencekam dan aktivitas pemerintahan lumpuh. Kondisi ini terjadi akibat pembakaran rumah dinas bupati Kobar oleh massa yang kecewa dengan rencana pelantikan bupati/wakil bupati terpilih, Ujang Iskandar-Bambang Purwanto.

Salah seorang warga Pangkalan Bun, ibu kota Kobar, melaporkan, kondisi saat ini belum kondusif. Setelah kantor bupati diduduki dan dirusak hingga semua kaca, pintu, dan jendela hancur, Rabu kemarin, hari ini rumah jabatan bupati dibakar massa. Stadion Sampuraga pun dibakar sehingga rata dengan tanah. Pasar bahkan ditutup paksa oleh sekitar 500 orang, tidak boleh dibuka sampai waktu yang tidak ditentukan. Semua pertokoan harus ditutup dan massa mengancam membakar.

Sepanjang Jalan Pangeran Antasari, lokasi rumah bupati petahana (incumbent) Ujang Iskandar, dipenuhi asap akibat banyak ban yang dibakar. Hampir semua instansi diduduki. Konvoi massa menggunakan atribut suku tertentu bergerak menuju rumah pribadi Ujang. Semua pangkalan ojek dirusak, semua agen travel tidak ada yang diizinkan beroperasi.

"Pokoknya semua dilumpuhkan," ucap warga yang sengaja namanya tidak dipublikasi. "Rasanya akan terus merembet. Karena ada isu PNS pro-Ujang yang rencananya dilantik di Jakarta, besok, pun akan dijadikan target," kata seorang warga.

Aksi massa malam ini juga sudah merembet ke para pendukung Ujang. Rumah seorang saksi pendukung Ujang ikut dibakar. Mapolsek kota juga diserang dan hendak dibakar. Aparat berwenang telah berkoordinasi untuk meredam aksi massa. (Tribunnews.com/Domu Ambarita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com