Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khusus Monas, 1.200 Personel Telah Disiagakan

Kompas.com - 31/12/2011, 18:42 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang malam, kawasan Monumen Nasional (Monas) mulai dipadati warga Jakarta yang hendak menikmati momentum pergantian tahun. Sebanyak 1.200 personel gabungan dari Brimob, Pasukan Berkuda, Satuan Polisi Pamong Praja, Polres Jakarta Pusat dan Polsek diturunkan khusus untuk menjaga keamanan dan ketertiban di area ikon termasyhur di Kota Jakarta itu. 

Wakil Walikota Jakarta Pusat, Fatahillah, mengatakan pengamanan di wilayah Jakarta Pusat difokuskan di Monas dan Bundaran Hotel Indonesia yang kerap dijadikan pusat perayaan malam tahun baru. Namun, jumlah petugas memang lebih banyak diturunkan di kawasan Monas yang areanya cukup luas.

"Konsentrasi memang untuk Monas, karena terbuka untuk umum. Selain di dalam Monas, petugas keamanan juga ada di depan Istana dan sebagian besar di Jalan M.H Thamrin," kata Fatahillah, ketika dijumpai di Monas, Jakarta, Sabtu (31/12/2011) petang.

Kendati demikian, pengamanan di tempat-tempat ibadah, seperti di gereja-gereja yang saat ini masih menggelar ibadat malam tahun baru tetap dilakukan secara ketat. Hal itu dilakukan untuk tetap siaga dari hal-hal yang tidak diinginkan di malam yang seharusnya penuh suka cita ini.

Tidak hanya itu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta bersama dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat juga menyediakan dua unit mobil pemadam kebakaran di kawasan Monas. Dua mobil ambulans dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta juga diparkir di kawasan ini.

"Semuanya sudah dikoordinasikan dan disiagakan dengan baik mengingat malam ini pasti terjadi lonjakan pengunjung. Semoga semuanya berjalan lancar," jelas Fatahillah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com