Pembangunan MRT Tetap seperti Rencana Semula

Kompas.com - 19/01/2012, 23:38 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembangunan mass rapid transit (MRT) yang direncanakan akan dimulai tahun ini akan berjalan seperti rencana semula. Jalur dan stasiun yang terletak dari Lebak Bulus hingga Sisingamangaraja akan melayang. Sedangkan jalur dan stasiun selanjutnya, dari Sisingamangaraja hingga Bundaran HI akan berada di tanah.

Menurut Kepala Humas PT MRT Jakarta Mapalagupta Sitorus, penentuan letak jalur ini sudah berdasarkan kajian yang mendalam dan panjang yang dilakukan pemerintah bersama JICA selaku pemberi pinjaman. "Jadi tidak benar kalau jalur Lebak Bulus-Sisingamangaraja kita ubah menjadi layang. Yang benar, memang sejak awal sudah ditentukan jalur itu adalah jalur layang," kata Sitorus.

Penentuan jalur Lebak Bulus-Sisingamangaraja itu memakai jalur layang karena beberapa sebab. Pertama, membuat jalur bawah tanah jauh lebih mahal dibanding jalur layang. Kedua, secara teknis jika jalur itu dibuat terowongan maka warga yang berada di tepi jalur itu harus memindahkan pondasi bangunannya. "Itu tidak mungkin karena jalan Fatmawati-Panglima Polim itu sempit dan padat sehingga tidak mungkin warga mengubah fondasi bangunan," jelasnya.

Sitorus berharap masyarakat memahami alasan ini karena semuanya dilakukan dengan pertimbangan yang matang dan demi kepentingan bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.