Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penuntasan Kasus Korupsi Jalan Keluar bagi SBY

Kompas.com - 25/01/2012, 07:23 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penuntasan sejumlah kasus korupsi berskala besar dinilai satu-satunya jalan keluar bagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mengatasi terus merosotnya popularitas pemerintah di mata publik.

"Tidak ada instrumen lain yang bisa memperbaiki citra pemerintah SBY-Boediono, kecuali komitmen keduanya pada aspek penegakan hukum dan pemberantasan korupsi," kata anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, melalui pesan singkat, Rabu (25/1/2012).

Bambang menyikapi hasil berbagai jajak pendapat yang menyebutkan kepercayaan publik terhadap pemerintah terus turun.

Menurut Bambang, pertumbuhan ekonomi yang tinggi pun tak membuat publik lupa pada sejumlah kasus korupsi yang masih diambangkan. Contohnya, kata dia, kasus bail out Bank Century dan kasus suap wisma atlet SEA Games yang diduga melibatkan petinggi partai tertentu.

"Saya percaya Presiden SBY tidak meremehkan hasil survei itu. Saya menduga, hasil survei itu menjadi salah satu faktor pendorong SBY sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat menyelenggarakan pertemuan dengan anggota Dewan Pembina di Cikeas semalam," kata Bambang.

"Tapi yang jadi pertanyaan, mengapa Presiden tidak merespons persepsi publik mengenai buruknya kinerja pemerintah? Padahal, Presiden dikenal sebagai pemimpin yang sangat peduli pada hasil jajak pendapat," pungkas politisi Partai Golkar itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com