Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari Tanpa Nasi Masuki Minggu Keempat

Kompas.com - 06/03/2012, 13:11 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Program sehari tanpa nasi di Pemerintah Kota Depok memasuki minggu keempat. Program yang digelar setiap hari Selasa ini merupakan bagian dari kampanye untuk menghilangkan ketergantungan pada nasi.

Seperti minggu sebelumnya, kantin di lingkungan Balai Kota Depok tidak boleh menyediakan makanan berbahan nasi. Pedagang makanan diminta menyediakan makanan pengganti nasi.

Namun, sejauh pengamatan Kompas, masih ada pegawai negeri sipil yang mencari kesempatan makan di luar area Balai Kota Depok. Padahal, sebelumnya, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma'il mengimbau agar karyawan turut mendukung program ini dengan mengonsumsi makanan selain nasi yang disediakan pedagang.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Depok Diah Sadiah mengatakan, saat ini masih masa sosialisasi program tersebut. Menurutnya, masih perlu waktu untuk menyadarkan masyarakat agar tidak memakan nasi walau itu hanya sehari.

"Sehari tanpa nasi adalah gerakan penyadaran bahwa tanpa nasi manusia bisa hidup sehat. Tidak mudah melaksanakan gerakan ini, tetapi perlu dimulai agar tidak tergantung dengan nasi," tutur Diah.

Paling tidak, di setiap acara pemerintah yang digelar di Depok, ketika jatuh hari Selasa, tidak ada makanan dari nasi. Semua makanan yang tersedia dari bahan selain nasi. "Kami perlu memberi contoh terlebih dahulu. Saya sendiri di rumah tidak menyediakan nasi setiap Selasa," tutur Diah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com