Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golkar Pilih Nono Sampono Dampingi Alex

Kompas.com - 08/03/2012, 19:04 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Golkar melakukan manuver cepat menjelang pendaftaran pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta periode 2012-2017. Setelah mendeklarasikan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin sebagai bakal cagub, Partai Golkar juga memilih Nono Sampono sebagai bakal calon wakil gubernur.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Prya Ramadhani, Kamis (8/3/2012). "Iya betul, Nono Sampono akan berdampingan dengan Alex Noerdin," ucap Prya.

Namun, Prya membantah bahwa ini adalah koalisi antara Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). PDI-P mengajukan nama Nono sebagai bakal cagub DKI Jakarta meskipun hal itu belum ditetapkan secara resmi. "Bukan dengan PDI-P, Nono Sampono saja," tutur besan dari Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie ini.

Prya mengatakan, deklarasi pasangan Alex-Nono akan dilangsungkan malam ini di Hotel Sultan, Jakarta. Nono merupakan mantan purnawirawan TNI yang sempat menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden. Nono sempat mengajukan diri sebagai bakal calon gubernur ke PDI-P hingga menjalani fit and proper test yang dilakukan partai berlambang banteng itu. Dua nama lolos dalam tes itu, yakni Nono Sampono dan Wali Kota Solo Joko Widodo.

Setelah Nono lolos uji kelayakan, partai lain seperti Gerindra turut mengutarakan dukungan berkoalisi dengan PDI-P untuk mengusung Nono. Namun, rupanya manuver mengejutkan justru dilakukan oleh Partai Golkar. Alex yang baru saja resmi menjadi bakal calon gubernur yang diusung Partai Golkar ini langsung menggaet Nono sebagai wakilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com