Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Golkar Bangga Ahok Diusung Partai Lain

Kompas.com - 19/03/2012, 19:26 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Golkar merasa bangga karena salah satu kadernya, Basuki Tjahaja Purnama atau acap disapa Ahok, dijagokan oleh partai lain sebagai bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Ada kebanggaan karena ada kader inti Partai Golkar dipercaya untuk diusung oleh kekuatan politik lain," kata Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso di Kompleks DPR, Senin (19/3/2012).

Ahok yang kini menjabat anggota Komisi II DPR mendapat dukungan dari Partai Gerakan Indonesia Raya dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai bakal cawagub. Ia akan mendampingi Wali Kota Solo Joko Widodo atau Jokowi, yang dicalonkan oleh PDI-P sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.

Terhadap pencalonan Ahok oleh partai lain tersebut, Priyo menegaskan bahwa seluruh kader Partai Golkar harus mengikuti aturan internal partai. Para kader harus mematuhi keputusan partai yang mengusung Alex Noerdin sebagai bakal cagub dan Nono Sampono sebagai cawagub.

Priyo memberi contoh sikap anggota Komisi I DPR Tantowi Yahya yang mengurungkan motivasinya maju sebagai bakal cagub DKI Jakarta dan menerima pencalonan Alex-Nono. Padahal, kata Priyo, Tantowi telah mendapat dukungan dari masyarakat luas.

"Seluruh infrastruktur partai harus menyesuaikan keputusan partai ini. Memang pahit, tapi harus saya katakan ada konsekuensi manakala kader melakukan di luar jalur komando partai. Kalau dia (Ahok) ambil jalan itu, dengan berat hati kami iklaskan dan kami hormati," kata Priyo.

Di tempat terpisah, Ahok menyatakan telah mengajukan pengunduran dirinya dari partai berlambang pohon beringin tersebut. Ia juga menyatakan telah bergabung dengan Gerindra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com