Ciliwung Sempat Dekati Siaga II Banjir

Kompas.com - 03/04/2012, 18:48 WIB
Penulis Antony Lee
|
EditorMarcus Suprihadi

BOGOR, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur Puncak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/4/2012) sore, membuat ketinggian air Sungai Ciliwung melonjak. Ketinggian air Ciliwung di Bendung Katulampa bahkan sudah mendekati Siaga II banjir bagi Jakarta.

Ketinggian air Ciliwung pada pukul 15.00 masih sekitar 30 sentimeter, atau normal. Pada pukul 16.00 naik menjadi 50 sentimeter, lalu menjadi 140 sentimeter pada pukul 17.00. Hal ini berarti Ciliwung Siaga III banjir.

"Kalau sudah 150 sentimeter masuk Siaga II banjir. Tetapi kemudian perlahan turun," tutur Andi Sudirman, penjaga Bendung Katulampa.

Pada pukul 17.10, ketinggian air menurun jadi 130 sentimeter, lalu menjadi 120 sentimeter pada pukul 17.20, dan kembali turun dan bertahan di posisi 100 sentimeter sejak pukul 17.30.

Dengan ketinggian seperti itu, daerah bantaran Sungai Ciliwung di Jakarta berpotensi untuk banjir pada Rabu dini hari hingga pagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.