Saluran Pembuangan Air Ditutup, Griya Sutera Langganan Banjir

Kompas.com - 04/04/2012, 15:45 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Penutupan saluran pembuangan air oleh pengembang lain mengakibatkan warga Perumahan Griya Sutera, Alam Sutera, Paku Alam, Kota Tangerang Selatan menjadi langganan banjir. Selasa (3/4) sore hingga Rabu (4/4) dini hari, air kembali menggenangi kawasan perumahan itu.

Namun, air masuk dalam rumah di atas pukul 19.00. "Kami hanya memiliki satu saluran pembuangan air, terletak di belakang perumahan ini. Sejak pembangunan perumahan di belakang kami terbangun, saluran air kami ditutup. Sejak itu, tahun 2008, perumahan kami menjadi langganan banjir," kata Yoga Sampurna, Ketua RW 06, di kawasan perumahan itu, Rabu.

Menurut Yoga, dalam setahun genangan air terjadi di kawasan ini sampai 5 kali. "Genangan air terparah baru kali ini. Biasanya air menggenangi sampai halaman rumah. Akan tetapi, semalam, air sudah masuk dalam rumah setinggi 10 sampai 15 sentimeter," kata Yoga yang sudah menempati rumahnya sejak tahun 2007.

Pengelola perumahan itu, PT Alam Sutera Tbk membantu evakuasi warga dengan mengerahkan dua perahu karet. Bantuan perahu karet juga datang dari warga. Warga sempat mengungsi ke masjid. Setelah air mulai surut, mereka kembali ke rumah masing-masing. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.