Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Penuhi Gereja Katedral

Kompas.com - 07/04/2012, 16:57 WIB
Budiman Tanuredjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Satu jam sebelum perayaan malam Paskah, lebih dari 2.000 umat Katolik telah memenuhi gereja Katedral, Jakarta, Sabtu (7/4/2012).

Misa di Gereja Katedral untuk perayaan malam paskah dilangsungkan tiga kali, pukul 17.00, pukul 20.00 dan pukul 22.30. Kursi di dalam gereja penuh, sehingga sebagian umat harus duduk di luar. Halaman gereja dipasangi tenda untuk menampung umat yang tak mendapat tempat di dalam gereja.

Misa malam paskah merupakan perayaan puncak kebangkitan Yesus. Misa terdiri dari empat tahap, yakni upacara cahaya, liturgi sabda, liturgi babtis, dan liturgi ekaristi. Tema perayaan Paskah 2012 adalah Bersatu dan Ekaristi Diutus untuk Berbagi.

Seperti pada tahun sebelumnya, kendaraan umat yang mengikuti misa diparkir di halaman Mesjid Istiqlal, di halaman Kantor Pos, dan di sepanjang jalan lapangan banteng. Pengamanan dilakukan cukup ketat, meski tidak terlalu mencolok. Hanya satu pintu yang dibuka, sehingga umat harus berjalan kaki dari tempat parkir mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com