Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merpati Ajukan Tiga Rute Baru

Kompas.com - 24/04/2012, 20:11 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan PT Merpati Nusantara Airlines mengajukan tiga rute penerbangan baru dari Provinsi Bengkulu. Rute yang diusulkan adalah Bengkulu-Padang, Bengkulu-Lampung, dan Bengkulu-Bandung.

Sekretaris Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Bengkulu Budi Djatmiko mengungkapkan bahwa surat usulan rute baru tersebut sudah diterima Pemerintah Provinsi Bengkulu. Dalam waktu dekat hal itu akan dibahas oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu bersama pihak Merpati.

"Pada dasarnya kami menyambut baik usulan dari Merpati. Pengguna transportasi udara di Bengkulu akan terus meningkat karena dibandingkan dengan jalur darat dan laut, jalur udara yang paling sesuai untuk membuka akses Bengkulu," tutur Budi, Selasa (24/4/2012).

Selama ini, kata Budi, Bengkulu masih menjadi kota tujuan, bukan daerah penghubung. Rute penerbangan yang tersedia hanya dari Jakarta.

Kendatipun sudah ada penerbangan Bengkulu-Mukomuko-Padang, ini masih dilayani oleh pesawat perintis yang tidak terbang setiap hari. Budi menilai, hal itu belum maksimal untuk membuka akses Bengkulu dari daerah lain.

Sejak akhir Februari 2012, Merpati telah terbang ke Bengkulu dari Jakarta sekali dalam sehari. Dengan demikian, saat ini terdapat tujuh penerbangan dari Jakarta ke Bengkulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com