Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Bus Transjakarta Tertahan di Bundaran HI

Kompas.com - 01/05/2012, 13:38 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 14 bus transjakarta tertahan di sekitar Bundaran Hotel Indonesia arah ke Jalan MH Thamrin pada Selasa (1/5/2012) siang. Bus transjakarta ini tertahan lantaran ada aksi unjuk rasa ribuan buruh di sekitar Bundaran HI.

Pantauan Kompas.com, ribuan buruh melakukan long march dari Jalan Jenderal Sudirman menuju Istana Negara. Mereka memblokade semua jalan sehingga tak satu pun kendaraan yang bisa melintas. Akibat long march ini, 14 bus transjakarta tak bisa bergerak. Beberapa di antaranya mengantre di sekitar Bundaran HI, sedangkan lainnya tertahan di halte busway di depan Pullman Hotel.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas mengatakan bahwa Koridor I bus transjakarta dengan rute Blok M-Kota sudah dialihkan untuk sementara waktu. "Yang di sini sudah tertahan dari tadi, yang sudah telanjur terjebak di antara para demonstran," papar Sigit.

Bus-bus yang telanjur terjebak di antara para demonstran ini terpaksa harus mengantre pelan-pelan berjalan di belakang para demonstran. "Terpaksa harus menunggu jalannya demonstran. Kami berharap demonstran memberikan ruang agar bus transjakarta bisa berjalan," kata Sigit.

Selain Koridor I, Koridor II dengan rute Harmoni-Pulo Gadung juga tidak melewati Monas dan Balai Kota seperti biasanya. Penghentian operasi ini dilakukan sampai aksi unjuk rasa selesai.

Saat ini massa demonstran masih melakukan long march ke Istana Negara. Di sana mereka akan berunjuk rasa sebelum bergerak menuju Gelora Bung Karno. Puluhan ribu demonstran akan menghadiri acara puncak Hari Buruh Sedunia di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com