Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Peluang Terakhir Lampard di Liga Champions

Kompas.com - 19/05/2012, 07:03 WIB

Oleh: L. Sastra Wijaya

KOMPAS.com- Last Chance Saloon atau peluang terakhir, itulah istilah yang tepat bagi Frank Lampard untuk membawa Chelsea sebagai juara Loga Champions yang akan melawan Bayern Muenchen di final hari Sabtu (19/5/2012) atau minggu dinihari WIB. Kesempatan terakhir barangkali sebenarnya juga untuk banyak pemain Chelsea lainnya yang sudah senior seperti kiper Peter Cech,  penyerang Didier Drogba, pemain tengah Michael Essien, dan Florent Malouda karena Chelsea belum pernah menjadi juara Liga Champions sebelumnya.

Namun, ini terlebih bagi Frank Lampard dalam arti bahwa bila dia berhasil mendapatkan medali sebagai juara Liga Champions, dia akan menyamai prestasi yang pernah dicapai pemain-pemain Inggris lainnya, seperti Paul  Scholes, Gary Neville, David Beckham, Teddy Sheringham, Jamie Carragher, Rio Ferdinand, Steven Gerrard, dan bahkan Owen Hargreaves.

Majunya Chelsea ke final Liga Champions tahun ini bolehlah disebut sebagai kejutan. Pemecatan manajer sebelumnya Andre Villas-Boas di tengah musim pertandingan menunjukkan bahwa prestasi klub elit London Barat ini tidak konsisten sepanjang musim, paling tidak di mata pemiliknya, Roman Abramovich.

Ketika pertandingan semifinal Liga Champions dilangsungkan antara Real Madrid melawan Bayern Muenchen dan Chelsea melawan Barcelona, saya kira sebagian besar pengamat maupun pecandu sepakbola meramalkan dan mengharapkan final tahun ini adalah partai El Classico antara Madrid melawan Barcelona. Jadi tidak mengherankan Lampard dalam komentarnya menjelang final mengatakan bahwa Chelsea desperate memenangkan Liga Champions. Desperate kalau diterjemahkan mungkin bisa disebut "betul-betul kebelet ingin juara".

Sebagai bagian dari generasi "emas" para pemain Inggris dalam 15 tahun terakhir, gelar Liga Champions memang satu-satunya gelar yang belum direbut Lampard. Bersama Chelsea, mereka sudah berulang kali merebut gelar juara Liga dan juga Piala FA. Bersama timnas Inggris,  Lampard dan kawan-kawan banyak diramalkan dan diharapkan menjadi juara Piala Dunia maupun juara Eropa. Namun mulai dari Piala Dunia 2002 di Jepang, 2006 di Jerman, sampai 2010 di  Afrika Selatan, maupun Euro2004 di Portugal, mereka gagal, bahkan di Euro2008, Inggris sama sekali tidak lolos ke putaran final.

akan tetapi, dalam masa 15 tahun terakhir, paling tidak rekan-rekan Lampard di tim Inggris sudah pernah memenangi Liga Champions, seperti Jamie Carragher dan Steven Gerrard di Liverpool tahun 2005, Steve McManaman dengan Real Madrid di tahun 2000, maupun Liverpool di tahun 2005. Tentu saja para pemain Inggris lainnya seperti David Beckham, Gary Neville, Rio Ferdinand, Paul Scholes, Teddy Sheringham, Owen Hargreaves mencapai keberhasilan mereka di Liga Champions lewat kemenangan Manchester United di tahun 1999 maupun di 2008.

Dengan usianya sekarang sudah 34 tahun, dan skuad Chelsea yang semakin menua, tampaknya inilah kesempatan terbaik Lampard untuk melengkapi koleksi gelarnya. Alangkah indahnya bila mantan pemain West Ham United ini bisa menjadi juara hari Minggu pagi mendatang di Muenchen, dan juga kemudian berhasil bersama Inggris di Euro2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com