Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trip Feri Meningkat, Truk Masih Antre di Merak

Kompas.com - 30/05/2012, 20:18 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

CILEGON, KOMPAS.com — Pencapaian trip atau perjalanan kapal dalam 24 jam, Selasa (29/5/2012) pukul 08.00 hingga Rabu, di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, sebanyak 80 trip dengan truk yang diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, sebanyak 2.747 unit.

Pencapaian ini lebih banyak dibandingkan dengan sehari sebelumnya, yaitu hanya 78 trip dengan jumlah truk yang diseberangkan feri sebanyak 2.414 unit.

Meski jumlah trip dan volume truk yang diseberangkan meningkat, kondisi ini belum dapat mengatasi antrean panjang truk yang hendak menyeberang dari Merak ke Bakauheni.

Berdasarkan pantauan, antrean truk tidak hanya terjadi di area Pelabuhan Merak, tetapi juga memanjang hingga luar pelabuhan. Bahkan, ekor antrean truk masih berada di ruas Tol Merak-Jakarta.

Para sopir truk terpaksa mengantre berjam-jam sebelum kendaraan dapat bergerak cukup jauh.

Pea, sopir truk yang tiba di ekor antrean di Kilometer 95,5 Tol Jakarta-Merak sekitar pukul 10.00, misalnya, butuh waktu hampir empat jam hanya untuk mendekati Gerbang Tol Merak yang berposisi di Km 98,250.

Pada pertengahan pekan ini, truk terus berdatangan dan menambah akumulasi antrean. Hingga Rabu malam, jumlah truk yang diseberangkan ke Bakauheni belum dapat mengimbangi kedatangan truk ke Merak sehingga antrean masih terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com