Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atap SDN 20 Jatinegara Ambruk

Kompas.com - 05/06/2012, 12:24 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Atap bangunan Sekolah Dasar Negeri 20 Pagi, Jl. Panca Warga 4, Gang 12, Rt 07 Rw 03, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur, ambruk. Beruntung musibah yang belum jelas penyebabnya tersebut tak memakan korban jiwa.

Iwa Kartiwa (40), salah seorang warga yang anaknya bersekolah di sana mengungkapkan, musibah tersebut terjadi sekitar pukul 00.05 WIB dini hari tadi. Saat itu, cuaca wilayah tersebut cenderung cerah tanpa hujan dan angin.

"Kita juga nggak lihat prosesnya, cuma suaranya gemuruh, keras banget. Ternyata dia jatuhnya berentetan dari ujung ke ujung," ujarnya kepada Kompas.com di lokasi kejadian, Selasa (5/6/2012).

Iwa melanjutkan, sebelum kejadian, belasan tukang bangunan diketahui baru saja menyelesaikan proses akhir renovasi yang dimulai satu bulan lalu. Atap berbahan sejenis baja ringan tersebut pun ambruk bersama seluruh genting setelah para tukang beristirahat di mushola, dekat dengan bangunan.

"Untung ambruknya nggak pagi pas anak-anak sekolah, alhamdulilah sih tidak menimbulkan korban jiwa," lanjutnya.

Setidaknya, ada sekitar tujuh ruangan yang rusak akibat dipenuhi puing reruntuhan genting dan rangka baja ringan tersebut. Ruangan itu adalah 3B, 4A, 4B, 5A, 5B, 6, ruang Kepala Sekolah dan ruang Unit Kesehatan Sekolah.

Berdasarkan pantauan di lapangan, akibat musibah tersebut, aktivitas kegiatan belajar mengajar siswa terpaksa ditiadakan. Para murid pun memilih bermain-main di lapangan. Ke-delapan ruangan tersebut terlihat dalam kondisi berantakan dengan rangka dan reruntuhan puing berserakan. Sementara hingga kini, belum ada satupun pihak sekolah yang bersedia dikornfirmasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com