Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purbalingga Raih Adipura Keempat

Kompas.com - 05/06/2012, 12:40 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURBALINGGA, KOMPAS.com — Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, kembali meraih penghargaan Adipura untuk kategori Kota Kecil. Penghargaan diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Selasa (5/6/2012) ini. Anugerah tahun ini merupakan penghargaan keempat sejak tahun 2009.

Kepala Sub-bagian Analisis dan Kemitraan Media Bagian Humas Setda Purbalingga Prayitno mengatakan, Kementerian Lingkungan Hidup telah melayangkan surat bernomor B-5665/DEP-IV/LH/06/2012 tertanggal 1 Juni 2012. "Dalam lampiran surat tersebut, Purbalingga juga meraih nilai pasar terbaik untuk kategori Kota Kecil," kata Prayitno.

Dia menguraikan, selain Purbalingga, wilayah di Jawa Tengah yang meraih Adipura antara lain Kabupaten Temanggung, Boyolali, Slawi (Kabupaten Tegal), Pati, Grobogan, dan Wonosobo.

"Anugerah Adipura merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah yang secara konsisten terus dilakukan dengan berbagai upaya kepada seluruh pihak untuk meningkatkan kepedulian semua lapisan masyarakat," paparnya.

Program Adipura, lanjut Prayitno, memberikan pengaruh signifikan pada peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan yang lebih bersih, teduh, dan nyaman.

Secara terpisah, Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko menyatakan, penghargaan Adipura harus dipertanggungjawabkan di kemudian hari dengan terus meningkatkan kebersihan, keindahan, dan kenyamanan kota.

Kendati demikian, dia mengimbau seluruh jajarannya untuk tidak menganggap Adipura sebagai tujuan utama. "Yang terpenting, pola hidup sehat dan bersih harus terus menjadi budaya masyarakat Purbalingga. Semua pihak juga perlu terus melaksanakan gerakan menanam dan memelihara pohon dan sekaligus menanamkan budaya bersih sejak dini," ujar Heru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com