Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Depok Tinjau Jamkesda Diva

Kompas.com - 15/06/2012, 18:32 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, Jumat (15/6/2012) siang, mengunjungi Diva Anggraini, bayi usia 2 bulan yang mengalami jantung bocor dan masalah paru-paru di RS Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta Barat.

Kunjungan Nur Mahmudi ini untuk memastikan biaya operasi dan pengobatan Diva selama di rumah sakit sudah ditanggung oleh Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). "Sebagaimana kewajiban kami, Diva masuk dalam Jamkesda dan kami ingin memastikan mengenai semua biaya yang harus dikeluarkan Jamkesda. Saat ini ada 183.000 warga Depok yang ditanggung biaya kesehatannya oleh Jamkesda " jelas Nur Mahmudi dalam kunjungannya.

Ia mengatakan, warga Depok yang memiliki kartu Jamkesda pasti mendapatkan fasilitas bantuan dari pemerintah sebesar Rp 100 juta per tahun. Adapun  biaya operasi dan perawatan Diva saat ini sudah menghabiskan Rp 85 juta. Biaya itu terdiri dari biaya penanganan di Depok yang menghabiskan biaya Rp 27 juta dan penanangan di RSAB Harapan Kita sebesar Rp 58 juta.

Secara khusus Nur Mahmudi menyampaikan terima kasih kepada RSAB Harapan Kita yang telah melakukan operasi terhadap Diva. "Semoga Diva bisa segera pulang ke rumah," kata Mahmudi.

Pada 27 April, ibunda Diva, Dewi, melahirkan anak keduanya itu di bidan daerah Pondok Cina, Depok. Diva didiagnosis mengalami penyakit paru-paru dan pembengkakan jantung.

Dewi kemudian memutuskan membawa Diva ke RS Mitra Keluarga Depok. Pada 23 Mei, Diva dipindahkan ke RSAB Harapan Kita yang berada di depan RS Jantung Harapan Kita karena kebocoran jantung yang diindikasikan tidak terlalu parah. Di RSAB Diva dioperasi pada 4 Juni karena ada otot perut yang menutup paru-paru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com