Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Mayestik dan Pasar Kebayoran Lama Diresmikan

Kompas.com - 16/06/2012, 13:35 WIB
Siti Khoirunisa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meresmikan Pasar Mayestik dan Pasar Kebayoran Lama di Pasar Mayestik, Jalan Tebah III Kelurahan Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (16/4/2012). Kedua pasar tradisional tersebut telah direvitalisasi dam dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman sehingga tidak terkesan kumuh, kotor, dan bau.

Hadir dalam peresmian itu Direktur PD Pasar Jaya Djangga Lubis, Wali Kota Jakarta Selatan Anas Efendi, dan Lurah Gunung Dewi Purnama Sari. PD Pasar Jaya bekerja sama dengan PT Metroland Permai sebagai developer merenovasi Pasar Mayestik yang semula hanya terdiri dari dua lantai. Kini pasar tersebut terdiri dari empat lantai dan dua lantai bawah tanah.

Total pembangunan Pasar Mayestik mencapai Rp 357,7 miliar. Pasar ini menampung 1.618 kios, 394 counter, dan 267 los. Pasar tersebut juga dilengkapi dengan lift dan eskalator, gedung full AC, sistem keamanan 24 jam, standar pengaman kebakaran, kamera CCTV, serta fasilitas parkir yang lebih nyaman.

Berbeda halnya dengan Pasar Kebayoran Lama. Di tempat tersebut, PD Pasar Jaya melakukan revitalisasi sendiri dengan biaya Rp 8,1 miliar. Dengan luas bangunan 8.675 meter persegi dan kini terdiri dari empat lantai yang menampung 712 kios, 297 los, dan 61 counter. Pasar ini juga dilengkapi dengan lift dan eskalator, gedung full AC, sistem keamanan nonstop, standar pengaman kebakaran, kamera CCTV, serta fasilitas parkir yang nyaman.

Dalam sambutannya, Fauzi Bowo menyambut baik adanya revitalisasi pasar tradisional. "Bukan cuma lebih bersih, ini adalah standar Jakarta. Orang Jakarta enggak demen janji, dia minta bukti. Ya, ini dia buktinya," kata Gubernur yang kini tengah mencalonkan diri kembali pada pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2012.

Fauzi Bowo meminta kepada PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar agar tidak melupakan para pedagang lama. Ia berharap pedagang yang telah menempati pasar sebelumnya mendapatkan hak untuk berjualan kembali di gedung baru. Ia juga berharap agar pasar yang baik ini dapat meningkatkan kesejahteraan bagi pedagangnya dan memberi kenyamanan bagi yang berbelanja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com