Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duit Tinggal Rp 50 Juta, Faisal-Biem Jalan Terus

Kompas.com - 26/06/2012, 15:10 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Persoalan dana, mendera pasangan calon gubernur dan wakil gubernur jalur independen, Faisal Basri Batubara dan Biem Benjamin. Baru memasuki hari kedua kampanye, dana pasangan tersebut tersisa Rp 50 juta.

"Iya betul, malah sudah hampir habis buat kampanye dari hari kemarin. Hanya tinggal biaya kampanye saja," ujar Rainhard Parapat, Koordinator hukum dan advokasi pasangan Faisal-Biem saat dihubungi Kompas.com, Selasa (26/6/2012).

Rainhard mengatakan, berdasarkan laporan pertama bulan Februari 2012, dana kampanye pasangan tersebut sekitar Rp 1,5 miliar. Dana yang sebagian besar berasal dari saweran dan donatur tersebut, telah digunakan untuk berbagai keperluan.

"Enam puluh persen untuk operasional, tiga puluh persen untuk publikasi dan sepuluh persen untuk perlengkapan dan kebutuhan personel kantor dan ATK," kata Rainhard.

Untuk meneruskan perjuangan, pasangan yang memiliki tagline 'Berdaya Bareng-bareng' tersebut, seluruh dana yang digunakan untuk kampanye selanjutnya, berasal dari saweran warga. Seluruh anggota di 1.400 Pos Komunikasi yang tersebar di seluruh Jakarta pun, dikerahkan untuk melakukan saweran.

Selama ini, Faisal-Biem kerap mendapatkan sumbangan langsung dari beberapa pengusaha dalam berbagai bentuk. Baik iklan di media cetak maupun elektronik, 600 baju kemeja merah putih, 2.000 kaos dan 1.000 spanduk. Donatur tersebut pun tidak mengikat dan tidak untuk dipublikasikan.

"Seluruh anggota di poskom kami sudah melakukan ngecrek mulai hari ini. Apapun yang terjadi, kami terus berjuang," kata Rainhard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com