Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Demo, Mahasiswa Bentrok dengan Satpol PP

Kompas.com - 13/07/2012, 20:27 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Usai menggelar aksi unjuk rasa menolak Rancangan Undang-Undang Pendidikan Tinggi (RUU PT) di gedung DPRD Sumatera Utara, puluhan mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Medan Bersatu (GMMB) terlibat bentrok dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Jumat (13/7/2012). Bentrokan terjadi di lapangan Merdeka Medan.

Bentrokan bermula ketika pendemo sedang melakukan rapat evaluasi di lapangan pendopo tersebut terkait aksi yang baru saja mereka gelar. Tiba-tiba puluhan personel Satpol PP dengan membawa pentungan, mendatangi kumpulan pendemo itu, hingga akhirnya terjadi bentrokan. Mahasiswa yang tidak tidak tahu apa-apa, melihat kondisi tak kondusif ini terlihat panik dan lari berhamburan meninggalkan lokasi.

Beberapa mahasiswa mengalami luka-luka akibat terkena pukulan petugas Satpol PP. Selain itu, sejumlah kendaraan roda dua milik mahasiswa pun rusak.

Bangman, salah seorang mahasiswa yang ikut demo mengatakan, akibat kejadian tersebut, beberapa rekannya mengalami luka-luka. "Bahkan salah seorang mahasiswa mengalami luka di bagian kepala," katanya.

Pantauan Kompas.com di lapangan, beberapa mahasiswa yang menjadi korban sudah membuat laporan pengaduan ke Markas Kepolisian Resor Medan. Selanjutnya mahasiswa melakukan aksi blokade jalan di depan Kampus Universitas HKBP Nomensen Medan, Jalan Perintis Kemerdekaan Medan terkait dengan tindakan yang dilakukan oleh Satpol PP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com