Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Siap Kerahkan Ribuan Relawan

Kompas.com - 18/07/2012, 17:41 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Joko Widodo akan menyiapkan ratusan satuan tugas (satgas) pemantau untuk mengantisipasi kecurangan dalam Pilkada Gubernur DKI putaran kedua pada 20 September 2012. Joko Widodo mengemukakan hal tersebut saat jumpa pers di rumah dinasnya, Lojigandrung, di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Rabu (18/7/2012).

Joko Widodo mengatakan siap untuk menjalani putaran kedua, termasuk dalam antispasi kecurangan yang akan terjadi selama pemilihan sampai penghitungan suara. "Saya sudah siapkan satgas anti curang, ada satgas anti money politics yang akan memantau pilkada nanti. Kemarin kita sudah siapkan relawan sejumlah 500 kali lima, kalau perlu nanti 5.000 kali lima relawan," katanya.

Joko Widodo mengatakan bahwa semuanya itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan membuat Pilkada DKI bisa menjadi cerminan untuk pelaksanaan pilkada di daerah lainnya. "Kita semuanya ingin kalau Pilkada DKI ini menjadi cerminan bagi pilkada di daerah lain, yaitu pilkada yang bersih, yang jujur sehingga memberi pembelajaran yang baik kepada masyarakat," katanya.

"Pilkada yang sehat, ya harusnya adu visi, adu program dan adu solusi, bukannya adu kampanye hitam yang memuat sentimen-sentimen agama, etnis, dan kedaerahan. Saya kira untuk Jakarta sudah tidak mempan," tambah Joko Widodo usai menemui musisi Setiawan Djody dan mantan Menpora, Adhyaksa Dault di Lojigandrung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com