Kompas.com - 23/07/2012, 20:36 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Maraknya kecelakaan bus transjakarta dengan pejalan kaki dan kendaraan lainnya membuat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun pagar pembatas. Pagar pembatas tersebut akan dibangun tahun depan, mulai kawasan Warung Buncit hingga Kuningan, Jakarta Selatan.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Provinsi DKI Jakarta, Sugiyanta, mengatakan, realisasi kebijakan berupa pembangunan pagar tersebut akan dimulai pada 2013 mendatang. Nantinya, kebijakan tersebut juga akan dikaji terhadap daerah-daerah lainnya, seperti di sepanjang koridor Ragunan menuju Dukuh Atas.

"Pagar pembatas itu yang akan memisahkan busway dengan jalan arteri sehingga masyarakat tidak bisa melintas langsung saat ingin menyeberang jalan," kata Sugiyanta, di Balaikota, Jakarta, Senin (23/7/2012).

Ia mengungkapkan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta kini tengah mengkaji model dan mendata infrastruktur lainnya yang dibutuhkan untuk mendukung kebijakan ini.

"Dikaji dulu jumlah jembatan penyeberangan orang (JPO) yang harus dibangun dan perempatan mana saja perlu dibangun underpass atau flyover," ujar Sugiyanta.

Selain mengeluarkan kebijakan tersebut, upaya lain yang dilakukan adalah meningkatkan kapasitas pengemudi busway dalam melayani penumpang. Pihaknya juga akan meningkatkan koordinasi dengan Polda Metro Jaya dalam rangka sterilisasi jalur busway ini.

"Dengan melakukan berbagai upaya ini, kami harap angka kecelakaan bus transjakarta dengan pejalan kaki bisa berkurang," tandasnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X