Kompas.com - 02/08/2012, 16:44 WIB
Penulis Ali Sobri
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala SMA Don Bosco Pondok Indah Ni Nengah Kerti Budha enggan memberikan komentar panjang mengenai kasus dugaan perundungan yang dilakukan siswa kelas III di sekolahnya terhadap sejumlah siswa kelas I. Kasus itu terjadi pada 24 Juli 2012 dan kini tengah ditangani Polres Metro Jakarta Selatan. Sebanyak tujuh orang siswa SMA Don Bosco Pondok Indah telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Saya dilarang berkomentar panjang," ujar Nengah, saat dijumpai Kompas.com, seusai mengikuti uji kompetensi guru, di SMA 70, Bulungan, Jakarta Selatan, Kamis (2/8/2012).

Selama ini, Nengah memang belum pernah memberikan pernyataan terkait kasus dugaan kekerasan yang dilakukan anak didiknya. Pernyataan pihak sekolah selama ini diberikan oleh Wakil Kepala SMA Don Bosco Gerardus Gantur dan Manajer Pendidikan Ibnu Markatab.

Sementara itu, ketika dimintakan tanggapan terkait anjuran Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto agar kasus ini diselesaikan secara damai, Nengah mengaku setuju dengan usulan tersebut.

"Ya kan masih usia anak, biar saja dididik lagi," katanya singkat.

Sebelumnya diberitakan, saat awal kasus ini diketahui oleh orangtua siswa korban, pihak sekolah mencoba melakukan mediasi. Akan tetapi, mediasi yang dilakukan menemui jalan buntu sehingga kasus ini dibawa ke jalur hukum. Pihak orangtua siswa korban menilai, tindakan yang dialami anaknya merupakan tindakan kriminal sehingga harus diproses secara hukum.

Pihak SMA Don Bosco sendiri belum mengambil tindakan terhadap siswa-siswa yang diduga pelaku bullying. Tindakan akan diambil setelah ada keputusan final dari aparat penegak hukum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.