Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Kebakaran Kampung Jembatan Tidur di Tenda

Kompas.com - 06/08/2012, 20:50 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Korban kebakaran yang terjadi di RT 12 RW 06, Kampung Jembatan, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, mengungsi di empat tenda yang didirikan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 01, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. Tenda didirikan tidak jauh dari rumah warga tempat lokasi kebakaran.

Wakil Camat Jatinegara Manson mengatakan, ratusan pengungsi korban kebakaran untuk sementara ditempatkan di tenda yang telah disediakan.

"Jadi sudah dibangun empat tenda, satu dari PMI, dan tiga dari Suku Dinas Sosial. Untuk pengungsi kebakaran ada sekitar 150 kepala keluarga. Rencananya mereka di sini kalau menurut protap tiga hari, tapi bisa diperpanjang sesuai kebutuhan," kata Manson kepada Kompas.com, Senin (6/8/2012) malam.

Menurutnya, status para pengungsi rata-rata adalah mengontrak di lokasi terjadinya kebakaran. Sehingga, mereka bukan warga yang memiliki hunian tinggal tetap.

"Jadi nanti kita lihat apa mereka sudah dapat mencari tempat tinggal baru, ini tergantung mereka, apa sudah mendapat kontrakan baru," ujar Manson.

Ia menambahkan, bantuan lain juga diserahkan oleh Suku Dinas lain yang berada di wilayah Jakarta Timur. Bantuan tersebut antara lain berasal dari Sudin Sosial berupa tenda, makanan, pakaian dan selimut.

Dari Sudin Kesehatan berupa mobil ambulans dan obat-obatan, kemudian dari Sudin kebersihan berupa mobil toilet umum dan dari Sudin Perindustrian dan Energi berupa penerangan (lampu) dan juga dari PMI Jakarta Timur. Salah satu korban kebakaran yang mengungsi, Tuti (40), mengatakan seluruh barang miliknya habis saat kebakaran terjadi.

"Baru habis pulang kerja udah kebakar. Semuanya habis, nggak tau sekarang mau bagaimana saya," ujar wanita tiga anak itu.

Pantauan Kompas.com, di lokasi pengungsian, sekitar pukul 20.00 WIB, ratusan warga tampak sudah menempati empat tenda pengungsian. Anak-anak kecil juga terlihat berada di sekitar lokasi tenda. Banyak dari mereka yang belum mengetahui akan tinggal dimana akibat musibah kebakaran itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan rumah semi permanen di pemukiman padat penduduk RT 12 RW 06, Kampung Jembatan, Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, habis dilalap si jago merah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hingga kini belum diketahui pasti penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com