Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Kebakaran Keempat dalam Lima Hari

Kompas.com - 09/08/2012, 00:36 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebuah pabrik mebel PT Indovation and Design yang berada di lingkungan industri pangkalan truk, blok AA No 62-63 Jalan Raya Kaligawe KM 5,6 terbakar pada Rabu (8/8/2012) malam.

Tercatat dalam lima hari terakhir sudah terjadi empat kali kebakaran di Kota Semarang. Di antaranya kebakaran yang merenggut 7 korban jiwa di Jalan Tirtoyoso gang IX pada Sabtu (4/8/2012), kebakaran dua ruko di dekat Masjid Besar Kauman Kota Semarang dan kebakaran semak di tanah kosong di Jalan Petek Raya, Senin (6/8/2012).

Dalam kebakaran malam ini, api yang besar mengakibatkan ruang oven mebel ludes terbakar. Empat mesin oven pun ludes. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Api diduga berawal dari limbah kayu yang ada di ruang tersebut dan kemudian merembet serta menghanguskan hampir seluruh ruangan.

Lima armada mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang terus membesar. Puluhan petugas sempat kesulitan memadamkan api karena tidak adanya sumber air di sekitar lokasi.  Lebih dari dua jam api baru bisa dipadamkan.

Lurah Genuksari Mashadi mengatakan api pertama kali diketahui oleh satpam pabrik pada pukul 20.00 WIB. "Saya mendapat laporan kalau ada kebakaran, kemudian lapor ke pemadam kebakaran. Kami juga berupaya memadamkan api karena di dekat ruang itu ada tangki solar dan akan bahaya jika kena api," ujarnya.

Akibat kebakaran tersebut, aliran listrik dari PLN sempat dipadamkam. Meski cukup jauh dari pemukiman warga, peristiwa kebakaran tersebut tetap menjadi tontonan. Mereka datang untuk melihat api yang membakar pabrik.

Petugas kepolisian dari Polsek Genuk kemudian melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan sejumlah saksi untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, sedangkan jumlah kerugian juga belum diketahui.

Banyaknya peristiwa kebakaran diduga juga terkait dengan puncak musim kemarau, sebab itu Pemkot Semarang mengimbau warga untuk selalu waspada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com