Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Telusuri Dalang Bentrok di Cengkareng

Kompas.com - 31/08/2012, 03:53 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyerangan yang mengakibatkan bentrok di lahan sengketa Jalan Kamal Raya Auto Ring Road, Cengkareng, Jakarta Barat, akan terus ditelusuri. Proses pemeriksaan ini dilakukan untuk mengetahui dalang penyerangan yang mengakibatkan bentrok tersebut.

"Akan terus didalami prosesnya. Kita enggak akan berhenti pada penetapan tersangka yang sekarang, tetapi juga mencari orang yang memerintahkan penyerangan ini," kata Kapolres Jakarta Barat Komisaris Besar Suntana di Jakarta, Kamis (30/8/2012) malam.

Suntana melanjutkan, dari tersangka yang telah diperiksa, sepuluh orang menyatakan diri sebagai anak buah Rais Kei. Untuk itu, Polres Jakarta Barat sedang melakukan pencarian terhadap Rais Kei.

Suntana mengatakan, pada interogasi awal memang terdapat nama berinisial JK (John Kei) yang kerap disebut-sebut. Tetapi, sampai saat ini belum diketahui apa peran John Kei dalam penyerangan tersebut. "Orang yang memerintahkan penyerangan ini tentu saja akan mendapatkan hukuman, bahkan mungkin lebih besar dibanding 98 tersangka lainnya," kata Suntana.

Seperti diberitakan sebelumnya, bentrokan massa terjadi di sebuah lahan kosong di samping Kompleks Taman Palem Lestari, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Rabu (29/8/2012) siang. Bentrokan diduga dipicu perebutan lahan antara dua kelompok massa. Polres Jakarta Barat telah menetapkan 98 orang sebagai tersangka dari 104 yang diperiksa petugas. Enam orang tidak ditetapkan sebagai tersangka karena tidak cukup bukti. Karena minimnya ruang, sebagian tersangka akan diamankan di Polres Jakarta Barat dan sebagian lainnya akan dikirim ke Polda Metro Jaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com