Kompas.com - 03/09/2012, 20:03 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk keamanan arus mudik dan arus balik, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerja sama dengan empat terminal utama, terminal bantuan dan pool bus, membuka pos uji kelaikan jalan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena kondisi bus yang tidak laik.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, pos uji kelaikan jalan ini dibuka sejak H-7 hingga H+1 Lebaran. Berdasarkan data yang masuk, dari 3.501 kendaraan yang diuji, sebanyak 10 persen bus angkutan Lebaran tidak lulus uji laik jalan.

"Ada sekitar 366 bus dinyatakan tidak lulus. Sekitar 10 persen dari jumlah total yang diuji," kata Pristono saat Evaluasi Angkutan Lebaran 2012 di Hotel Ibis, Jakarta, Senin (3/9/2012).

Ia menjelaskan bahwa bagi kendaraan yang tidak lulus uji secara teknis, unit Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) memberikan rekomendasi teknis kepada kepala terminal. Dengan demikian, pihak terminal mengambil tindakan untuk tidak diizinkan mengangkut penumpang.

"Di terminal bantuan dan pool bus juga dilakukan pemeriksaan laik jalan dengan mengerahkan unit PKB mobile," jelas Pristono.

Pemeriksaan laik jalan ini meliputi identifikasi kendaraan, kemudian pemeriksaan bagian depan, bagian kanan kendaraan, bagian belakang kendaraan, bagian kiri kendaraan, bagian ruang kemudi, bagian dalam kendaraan dan diakhiri dengan pemasangan stiker bagi yang lolos uji.

Adapun empat terminal utama yang kemarin menjadi pusat posko laik jalan adalah Terminal Pulo Gadung, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Kalideres dan Terminal Lebak Bulus. Sedangkan terminal bantuan yang digunakan adalah Terminal Rawamangun dan Terminal Tanjung Priok.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.