Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gardu Listrik Pelabuhan Rusak Sebabkan Kemacetan Panjang

Kompas.com - 07/09/2012, 14:49 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemacetan parah terjadi di jalur akses masuk Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pasalnya, disinyalir sistem pelayanan pelabuhan sedang terganggu. Hingga pukul 09.44, Jalan Yos Sudarso tampak dipadati kontainer dan kendaraan yang mengular. Begitu juga jalur Cakung-Cilincing ke arah pintu Pos 9 pelabuhan, Jalan Jampea dan Jalan RE Martadinata. Baru sekitar pukul 11.30 WIB kemacetan semakin terurai.

Juru bicara Pelabuhan Indonesia (Pelindo II) Cabang Tanjung Priok, Sofyan Gumelar mengatakan, kemacetan tersebut disebabkan oleh rusaknya gardu listrik di Jakarta Internationaal Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara. Sehingga mengakibatkan sistem komputer yang melayani mekanisme keluar masuk kontainer ikut padam. Sebab suplai listrik mati. Portal gate tidak terbuka.

Kerusakan gardu listrik dimulai pada pukul 02.00 WIB dini hari. Dengan begitu, terjadi penumpukan kontainer yang, kebanyakan mengejar jadwal closing kapal. Meski pada pukul 09.00 WIB masalah listrik bisa teratasi, kontainer dan kendaraan pribadi telanjur menumpuk di ruas jalan.

"Memang volume kontainer yang masuk ke pelabuhan sangat tinggi dan padat. Mereka tentunya mengejar keberangkatan pengiriman tepat waktu," kata Sofyan Gumelar saat dihubungi di Jakarta, Jumat, (7/9/2012).

Belum bisa dipastikan bagaimana jadwal keberangkatan kapal, datangnya kapal dengan adanya peristiwa tersebut. Tentu kemungkinan besar akan berpengaruh. Dalam mengurai kemacetan terjun pula Satuan Lantas Polrestro Jakarta Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com