Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Dari Kecil Saya Sudah Bergaul dengan Etnis China

Kompas.com - 17/09/2012, 20:13 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo yang biasa akrab disapa Foke mengaku sejak kecil sudah bergaul dengan etnis China. Menurutnya, etnis China atau Tiong Hoa, termasuk bagian dari Jakarta dan tidak bisa dipisahkan.

"Dari kecil saya sudah bergaul dengan etnis China. Itu bagian dari Jakarta. Apabila ada orang tidak mengakui etnis Tiong Hoa di Jakarta, sebaiknya dia tinggal di kota lain saja, jangan di Jakarta," kata Foke.

Hal itu dikatakannya dalam sambutan acara peletakan batu pertama pembangunan gapura 'ChinaTown Muara Karang' di bilangan Jalan Muara Karang Raya, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin (17/9/2012).

Menurut Foke, apabila ada pihak yang tidak mengakui keberadaan etnis Tiong Hoa di Jakarta, berarti tidak mengenal Jakarta.

Terkait pembangunan gapura Foke menyatakan akan menyumbang, tetapi jumlah sumbangannya akan dia sampaikan setelah tanggal 20 September 2012 mendatang, setelah pencoblosan.

Menurut Foke, pembangunan gapura tersebut dibangun atas kontribusi warga Tiong Hoa sekitar Pluit dan Komunitas Masyarakat Tiong Hoa Jakarta. Ia menyatakan juga Pluit di masa lalu berbeda dengan masa kini, tetapi Pluit selalu lebih baik dan lebih sejahtera.

Selain itu, Foke mengimbau agar warga Jakarta jangan memperuncing perbedaan, apalagi terkait perbedaan etnis ataupun agama. Persatuan dan kesatuan, kata dia, mesti terjaga. Foke juga menegaskan, Pemda DKI juga mesti adil dan tidak boleh ada diskriminasi.

"Perbedaan pendapat harus didekati. Kita harus menjaga persatuan dan kesatuan. Ini modal ke depan. Kalau kita nggak bisa rukun orang nggak akan percaya," ujar Foke.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com