Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Ucapkan Salam Perpisahan kepada Warga

Kompas.com - 25/09/2012, 14:54 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengucapkan salam perpisahan saat peletakan batu pertama pembangunan Gereja Santo Maria Vianney, Bambu Apus, Jakarta Timur. Dia berharap warga Jakarta tetap menjaga keharmonisan dalam keberagaman.

"Jika warga tetap komitmen untuk menjaga keberagaman, ini jadi perekat. Mudah-mudahan Jakarta akan semakin sejahtera. Semoga kehidupan warga Jakarta terus berlangsung harmonis," ujar Foke dalam pidato sambutannya di depan umat, Selasa (25/9/2012) siang.

Menurut pria yang dalam hitung cepat Pilkada putaran kedua dinyatakan kalah ini, selama lima tahun masa jabatannya di DKI, ia mengapresiasi kontribusi warga Katolik bagi pembangunan Jakarta. Dengan demikian, peletakan batu itu menjadi catatan sendiri bagi upaya keharmonisan umat beragama di DKI Jakarta.

"Kita bersyukur hari ini bisa bersilaturahim. Mudah-mudahan ini awal dari kegiatan besar, dan kegiatan ini yang membawa kita pada maksud dan tujuan pembangunan gereja ini," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Foke sekaligus menyampaikan salam terakhirnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Saya yakin ketidaksempurnaan itu milik saya semata-mata, dan kesempurnaan milik Allah. Jakarta harus lebih maju, harus lebih baik, dan lebih nyaman," ucapnya.

Rencananya, Gereja Santo Yohanes Maria Vianney tersebut akan didirikan di tanah seluas 6.000 meter persegi, di Jalan Bambu Wulung, RW 03, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Gereja yang pembangunannya telah direncanakan selama lima tahun terakhir itu diperkirakan menampung 6.000 umat.

Pembangunan gereja yang meliputi lima kelurahan di Cipayung tersebut juga sempat mendapat tentangan dari warga sekitar. Upaya warga yang menentang itu pun masih terjadi hingga kini. Meski demikian, karena proses administrasi telah memenuhi syarat, pembangunan pun tetap dilakukan sambil tetap melakukan sosialisasi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo; Wali Kota Jakarta Timur Murdhani; Pastur Kepala Gereja, Yohanes Hadi; Ketua Panitia Pembangunan, Mayjen (purn) YP Wiriawan; serta arsitek pembangunan gereja, Yasin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com