Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh di Batam Mulai Parade

Kompas.com - 03/10/2012, 09:49 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Parade buruh mulai bergerak dari kawasan Muka Kuning dan Tanjung Uncang, Batam, Rabu (3/10/2012). Mereka akan menuju kantor Wali Kota Batam di kawasan Batam Center.

Parade itu bagian dari unjuk rasa serentak di berbagai wilayah di Indonesia. Unjuk rasa itu untuk menuntut penghapusan sistem alih daya, perbaikan upah, dan penyelenggaraan sistem jaminan sosial.

Buruh memenuhi persimpangan Muka Kuning. Mereka berbaris memenuhi salah satu sisi jalan. Sementara kendaraan-kendaraan mereka diparkir sisi jalan lain.

Barisan buruh mengakibatkan akses ke dua kawasan industri di Muka Kuning tertutup. Sebagian buruh ikut barisan, sebagian lagi memilih pulang.

Pengawalan barisan buruh dilakukan oleh polisi dan tentara. Kepala Polres Barelang Komisaris Besar Karyoto, Komandan Kodim Batam Letnan Kolonel Rizal Ramadhan, dan Komandan Batalyon 134 Letnan Kolonel Hendra H terlihat di sekitar barisan buruh.

Bahkan, Karyoto dan Rizal sempat bersitegang dengan sebagian pengunjuk rasa. Insiden itu terjadi saat barisan buruh baru akan terbentuk.

Sementara di kawasan Tanjung Uncang, buruh masih berkumpul di sekitar kawasan. Mereka belum bergerak ke luar kawasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com