Kompas.com - 03/10/2012, 11:22 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BEKASI, KOMPAS.com — Mogok massal buruh berdampak kegiatan produksi berhenti dan melumpuhkan kegiatan di seluruh kawasan industri di Kabupaten Bekasi, Rabu (3/10/2012).

Pantauan Kompas, nyaris tidak ada pabrik yang beroperasi pada hari pertama mogok massal atas imbauan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI). Pabrik-pabrik yang beroperasi, misalnya di sepanjang Kalimalang, Kabupaten Bekasi, diminta berhenti berproduksi dan mengeluarkan buruh untuk mengikuti mogok.

Kondisi serupa juga terjadi di kawasan industri MM2100, EJIP, Delta Silicone, Hyundai, Lippo Cikarang, dan Jababeka. Kawasan industri disesaki buruh yang berputar-putar dengan sepeda motor. Kegiatan produksi terhenti sama sekali.

Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia dalam MPBI memperkirakan, massa buruh yang ikut mogok massal di Kabupaten Bekasi sekitar 500.000 orang.

Adapun aksi serupa di Kota Bekasi dipusatkan di Kantor Wali Kota Bekasi. Aksi diperkirakan diikuti lebih dari 10.000 buruh.

Aksi memang tidak dikonsentrasikan di satu lokasi, tetapi di beberapa titik. Dengan demikian, kegiatan mogok belum memengaruhi secara signifikan terhadap kemacetan atau keruwetan lalu lintas.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Apindo terkait mogok massal, terutama yang menimbulkan kerugian materi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kawasan industri di Kabupaten Bekasi menopang setidaknya 70 persen produksi ekspor nonmigas nasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.