Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Tawuran, Kasat Reskrim Bagikan Nomor HP

Kompas.com - 17/10/2012, 17:25 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tawuran pelajar yang terus berulang telah mengundang keprihatinan banyak pihak, tak terkecuali pihak kepolisian.

Langkah simpatik pun diambil oleh Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Ajun Komisaris Besar Hermawan di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Rabu (17/10/2012) pagi.

Untuk mengantisipasi sekaligus menindak tegas pihak-pihak yang memicu berulangnya tawuran, Hermawan mengumpulkan orangtua 78 murid SMK Bakti Cawang yang diamankan saat hendak menyerang lawannya SMK Negeri 29.

Kepada mereka ia membagikan nomor telepon seluler pribadinya. "Kami sudah berbincang-bincang dengan mereka. Ternyata tradisi tawuran dan rencana penyerangan itu dipengaruhi alumni yang menemui mereka waktu mereka nongkrong," kata Hermawan di hadapan orangtua/wali murid.

Atas dasar itu, ia meminta kerjasama para orangtua untuk membantu pihak kepollisian dalam mengamankan siswa dari pengaruh alumni.

Hermawan meminta jika orangtua atau keluarga mengetahui alumni yang telah mempengaruhi anak-anak mereka terlibat tawuran, maka identitas oknum tersebut bisa disampaikan langsung kepadanya.

"Kasih tahu saja siapa alumni yang mempengaruhi mereka. Lapor ke kami, nanti kami akan tangkap. Ini nomor HP saya, silakan kasih informasi langsung ke saya," kata Hermawan sambil menyebutkan nomor HP-nya.

Ia meminta para orangtua bersabar lantaran ke-78 siswa yang ikut tawuran akan menjalani proses pembinaan khusus yang dirancang Direktorat Binmas Polda Metro Jaya.

Mereka akan diangkut ke Mapolda siang ini untuk mendapatkan arahan dan pembinaan mental.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com