Kompas.com - 22/10/2012, 10:47 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Puncak, Jawa Barat, Minggu malam, mengakibatkan volume air di Kali Ciliwung meningkat. Seperti biasa, daerah Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, pun tergenang luapan air kali tersebut.

Rojak (32), seorang warga mengatakan, semula air meluap, Senin (22/10/2012) sekitar pukul 03.00 WIB dini hari. Warga yang telah bersiap-siap mengungsikan barang-barangnya karena telah ada pemberitahuan sebelumnya pun hanya bisa pasrah saat air masuk dan kian tinggi.

"Tadi malam memang ada pemberitahuan kepada warga, Bendungan Katulampa sudah tinggi. Kami sih sudah biasa aja, langsung naikin motor sama barang-barang ke tempat tinggi," ujarnya saat ditemui Kompas.com di lokasi, Senin pagi.

Menurut Rojak, ketinggian air banjir kali ini bervariasi sesuai dengan jarak permukiman dengan kali. Bagi permukiman yang dekat dengan kali, ketinggian maksimal 2 meter. Sementara bagi permukiman yang berada lebih jauh dari kali, ketinggian air mencapai 120 centimeter.

Lurah Kampung Melayu, Bambang Pangestu mengungkapkan, berdasarkan data di lapangan, korban banjir kali ini sebanyak 562 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 1.556 jiwa. Jumlah tersebut merupakan bagian warga dari dua RW serta 34 RT di Kampung Pulo atau yang akrab disebut Kampung Banjir tersebut.

Berdasarkan pantauan, meski banjir melanda, tak ada warga yang mengungsi. Sebagian besar warga bertahan di lantai dua rumahnya. Aktivitas warga pun tampak tak terganggu. Untuk mereka yang hendak berangkat kerja, disediakan perahu karet di tepi gang untuk mengangkut para warga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.