Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Baju Saya Tidak Bermerek, KW2

Kompas.com - 24/10/2012, 22:09 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sosok Joko Widodo yang sederhana tetap tak berubah meski dia sudah menjadi Gubernur DKI Jakarta. Bahkan, ia tak malu-malu mengakui gemar membeli barang yang didiskon, bahkan barang KW (sebutan untuk kualitas di bawah standar).

"Baju-baju saya, kaus saya tuh enggak ada mereknya. Ada yang ada mereknya, cuma ya saya beli diskonan. Berarti KW2 itu, ha-ha-ha," kata Jokowi sambil tertawa, di Jakarta, Rabu (24/10/2012).

Jokowi juga menceritakan tentang sejarah sepatu kanvas warna coklat yang selalu dipakainya. Dia menyebut membeli sepatu tersebut seharga Rp 160.000 saat di Bandung.

"Belinya di mana tuh, outlet-outlet... Iya, factory outlet," ujar Jokowi tetap sambil tersenyum.

Jokowi mengaku hanya memiliki dua pasang sepatu kets dan dua pasang sepatu pantofel.

"Yang sepatu pantofel ini beli di Bali, harganya Rp 340.000 terus didiskon pula 50 persen. Bukan cuma KW2, tapi KW3 malahan," ujarnya terkekeh kembali.

Selain itu, kesederhanaannya juga dapat terlihat dari mobil yang digunakannya untuk kerja. Meski mobil Land Cruiser hitam telah disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sebagai mobil dinasnya, tetap saja dia memilih menggunakan mobil rental Toyota Innova hitam dengan pelat nomor B 1123 RFR.

Jokowi mengatakan telah meminta Pemprov DKI untuk menyediakan Kijang Innova serupa sebagai mobil dinasnya. "Masih dicarikan Kijang, tapi belum ketemu. Hari Senin besok baru ketemu," kata Jokowi.

Namun, apabila mobil Esemka kebanggaannya telah datang dari Solo, Jokowi mengaku akan menggunakan produk pelajar SMK di Solo itu untuk jalan-jalan.

"Ya, nanti keliling-kelilingnya pakai Esemka. Cintai produk dalam negeri," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com