Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Junior Harus Tingkatkan Kekuatan dan Pengalaman

Kompas.com - 30/10/2012, 17:45 WIB

CHIBA, Kompas.com - Kekalahan 0-3 atas tim Korea membuat Indonesia gagal meraih tempat ketiga di kejuaraan beregu campuran World Junior Championships 2012. Indonesia harus puas di tempat keempat. Akan tetapi pencapaian ini lebih baik dari hasil tahun lalu di mana Indonesia berada di posisi ketujuh.
 
"Yang saya lihat, anak-anak sudah berjuang maksimal, ini yang penting. Kalau usaha saja tidak, susah untuk mengevaluasinya. Mereka sudah memberikan kemampuan terbaiknya, namun apa dikata, memang lawannya lebih baik," kata Sigit Budiarto, pelatih ganda putra yang mendampingi tim junior ke Jepang, seperti dilansir situs resmi PB PBSI, Selasa (30/10/2012).
 
Kekalahan atas tim Korea, dinilai Sigit sebagai sebuah pelajaran bahwa masih banyak yang mesti dibenahi oleh pasukan junior Indonesia. Meskipun demikian, Sigit mengungkapkan bahwa secara teknik, Indonesia tak kalah dari negara lain.
 
"Mereka ini adalah harapan Indonesia di masa depan, kalau mau berhasil ya harus giat lagi latihannya. Lawan di kejuaraan ini adalah bakal lawan mereka nantinya, pelajari apa yang masih kurang dari penampilan sekarang. Kalau menurut penilaian saya, kita harus meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan pengalaman bertanding," ujar juara All England 2003 ini.
 
Indonesia lolos dari babak penyisihan grup dengan membukukan kemenangan mutlak 5-0 atas tim Kanada, Irlandia dan Belanda. Tiket semifinal diraih tim junior Merah Putih dengan menyingkirkan juara bertahan, Malaysia, dengan skor 3-1. Langkah Indonesia dihentikan oleh China di semifinal. Tim unggulan kedua ini mengalahkan Indonesia dengan skor 3-1.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com