Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Gelar Apel Kesiapan Banjir Besok

Kompas.com - 05/11/2012, 21:45 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo rencananya akan menggelar apel antisipasi bencana banjir, Selasa (6/11/2012). Hal itu untuk persiapan memasuki musim hujan yang akhir-akhir ini mengguyur wilayah Jakarta secara merata.

"Ya, tunggu aja besok ya. Besok pokoknya saya ngapelin, mau lihat persiapan sarana prasarana," kata Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (5/11/2012) malam.

Menurut Jokowi, apel tersebut akan berbentuk simulasi antisipasi bencana.

"Saya akan simulasikan ke satu tempat. Enggak tahu di mana. Mau saya ajak coba, kalau datang ke daerah banjir bagaimana. Ya, gitu aja. Lihat kesiapannya seperti apa," ujarnya.

Jokowi pun mengaku belum memberikan banyak informasi kepada pihak terkait dalam pelaksanaan simulasi tersebut.

"Enggak saya bilang ada ini. Nanti siap-siap saja. Setelah apel, saya akan tunjuk satu tempat, coba action-nya seperti apa dalam sekian jam, begitu loh," kata Jokowi.

Menurut rencana awal, pada 6 November 2012, akan dilaksanakan gladi di Silang Monas mengenai kesiapan sarana, prasarana, dan logistik. Sedangkan, pada 8 November akan dilaksanakan pula gladi di Blok G Balaikota DKI.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Arfan Arkilie mengatakan, personel yang disiagakan dalam apel tersebut turut melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI, Dinas Perindustrian dan Energi DKI, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Dinas Perhubungan DKI, Dinas Kebersihan DKI, Dinas Kesehatan DKI, PLN, PAM, SAR, Polda, dan PMI.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com